Red Bow Tie

Thursday 6 October 2016

Pengalaman rambut nge cruz rusak jadi keriting kecil kecil

Kali ini gw mau angkat cerita pengalaman gw yang bener2 bikin nguras dompet gw *padahal dompet emg udah kempes*, dan juga nguras kesabaran gw ngadepin yang namanya rambut nge cruz *bukan penelope cruz*,


 jadi istilah cruz ini adalah keadaan dimana helai rambut berubah tekstur menjadi keriting kecil, tapi nggak keriting kruwel2 gitu, hanya keriting dan mengembang. *persis kayak rambut afro*

Awal cerita  karena mau coloring warna rambut jadi item lagi, gara2 warna rambut udah g jelas banget warnanya, gara2 bleaching rambutku bener2 rusak total.

Jadi gw ke salon deket rumah, tinggal terbang jalan aja nyampe ! :D

Nah rencananya emang mau semir warna hitam dari rumah, trus kebetulan si mba salon yg punya itu akrab dan enak di ajak bicara, disitu gw minta di semir jadi item aja, karena rambut bleaching udah parah warnanya.

Dan mba salon ngasih gw color chart beberapa pilihan warna hitam, ada yang black bangettt, ada black natural , dan ada black brown, akhirnya gw milih black natural, karena rambt asli gw sebenernya coklat hehehe..

Proses cat rambutpun mulai, si mba mba tiba2 nanyain gini
"Poninya mau di smoothing ngga?"
"WAH bisa ya cuma smoothing poninya aja?" tanyaku
"Bisa kok" 
Yaudah akhirnya gw mau di smoothing poni doang, dan harganya murah cuma 50k
Sebenernya beberapa bulan lalu gw udah smoothing, cuma bagian poni cepet banget ilang smoothingnya, entah kenapa ~, apa rambutku badak?

Nah disini gw g tau kalo si mba salon ini salah kasih obat smoothingnya kelamaan! T^T
Pertama dia kasih obat smoothing ke  poni gw, dan mulai nge cat rambut gw jadi item.
nah kan prosesnya lama banget tuh kalo nge cat rambut , kudu helai per helai.

Pas kurleb 1 jam berlalu, gw di bilas rambutnya
Sehabis bilas rambut gw sadar kok rambut poni gw kayak lentur amat ya, trus gw pegang kok rada kenyel2 gitu, karen disiini jujur gw belum tau menau tata cara pemakaian obat smoothing yg bener.

Pas rambut kering selesai di hair dryer kok rambut gw yg poni itu keriting2 kecil2 dikit , disitu gw belum ngeh kalo smoothingnya gagal, tapi gw cuek aja dan g tanya ke mba salon *SEHARUSNYA GW MNT TANGGUNG JAWABNYA!*

dan hasilnya juga nggak hitam natural, tapi hitaaaaaaaam buanget ,BUANGET BANGET kayak oli !!

Gw sampe ilfeel liat rambut gw sendiri.. sumpah.

Yaudah terlanjur gini, gw juga ngga berani komplain sama mba salon karena orangnya baik.

Pulanglah gw dengan lapang dada. :')


Setelah 3 hari berlalu gw akhirnya keramas, dan tau apa yg terjadi ketika rambutku sudah kering???
PONI GW KERITING, KERITING KECIL KECIL , DAN NGEMBANG!!!!
Apalagi kalo kena angin, wuuuuUUUUUUUUUHHH ngembang banget tuh keriting2 afronya !!!

Gw baru ngeh kalo poni gw kan di smoothing, harusnya hasilnya lurus !!!! kok keriting gini sih???
Gw cari2 di google, dan ternyata rambut keriting2 shabis pasca smoothing berarti smoothingnya gagal alias nge cruzz, akibat kelamaan obat smoothingnya g segera di bilas !!

Iya juga, soalnya kmren pas di cat rambut sekalian di smoothing, terus lama bgt lagi prosesnya!!


Jadi tuh rambut poni gw keriting g jelas, apalagi bagian jambang yg panjang itu, keritiiinggggg bangettttt!!! dan ngga beraturan bgt keritingnya, apalagi kalo habis pake helm diihh!! 


Terus gimana sih caranya biar rambutku balik jadi lurus lagi?? :(
Gw pun rajin catokan *JUSTRU TAMBAH RUSAK*
gw catok terus poni gw yg keriting2, tp tetep aja nanti selang 1 jam keriting lagi :(
dan gw nyerah kalo harus catokan terus sebelum mau pergi, mana rambut tambah rusak lagi.

Gw pun beli masker rambut Miranda yg aloevera waktu itu, lumayan rambut poniku udah ngga ngembang, tap masih keriting2 kecil :(

Dan selang beberapa bulan sih udah ilang rambut cruz di poniku, karena aku potong2 juga ..



Kalo rambut kamu rusak gara2 proses smoothing yg g bener , saranku sih :
1. JANGAN PANIK
2. JANGAN NANGIS
3. JANGAN DI CATOK NTAR MAKIN PARAH KERITINGNYA
4. PERGI KE ALFAMART
5. BELI MASKER RAMBUT ATAU CREAM BATH
6. MASKER RAMBUT KAMU 2-3 SEMINGGU

emang sih harus telaten banget yg namanya ngerawat rambut rusak !
kudu ekstra sabar dan ekstra money juga ! HAHA!!

yang terpenting jangan di catok !! boleh sih, seminggu 2x , jangan tiap hari ! dan jangan lupa selalu kasih vitamin rambut setiap 2hari sekali :)








3 comments:

  1. Haii mbaa,,, rambut aku skrg nge cruzz gtu keriting kecil2 krna mmg seblmnya udh sering gonta ganti warna plus kmren baru aja smothing krna ngembang bgt skrg ni jdnya rambut ku keriting n lentur gtu kyk karet baru sadar kmren pas 3hri abis smoothing kan keramas tuh eeehhh ternyata bgni keadaannya rambutku .... takut bgt kira2 lentur gtu smpe brp hari yaa apa bakal balik lagi biarpun aq maskeran trs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga lentur kayak karet kak dan prah bnget udah 2 minggu belum normal

      Delete
  2. Hy kak.. ini jg aku kemarin baru 2hari smoothing. Katanya kalau pakai inaura exoress baru 1x24jam sdh bisa di cuci. Nah sebelum di cuci jg rambut aku udh nge cruzz nih. Trs abis dicuci mlh mkn parah. Saking malunya blm smoet dtg ke salon lg, nih rambut ku potongin senduri samoai itak atikan gitu lah. Nyesel bgt. Gimana nih solusinya kak?

    ReplyDelete